Selamat Datang di blog AGORA
go to my homepage
Menuju Halaman AGORA

Rabu, 02 November 2011

Kereta Memudahkan Transportasi Haji


Jeddah: Fase kedua dari proyek rel kereta api Haramain yang menghubungkan kota-kota seperti Mekkah, Madinah, Jeddah dan Rabigh dengan menggunakan kereta cepat akan segera dibangun oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Menteri Transportasi, Jabara Al-Seraisry hari Selasa(01/11) menyatakan, untuk menyelesaikan proyek ini, negosiasi telah dilakukan dengan konsoritum Al-Shoula yang terdiri dari 14 perusahaan dari Saudi dan Spanyol.

Pembangunannya diperkirakan memakan waktu tiga tahun. Pembangunanya meliputi aktivitas pemasangan rel kereta, sistem sinyal komunikasi serta elektrik lengkap dengan rencana pemeliharaannya yang akan diurus oleh konsortium selama 12 tahun.

"Kami telah mencapai suatu persetujuaan dalam semua hal dan yang krusial ialah implementasi dana proyek sebesar 30.8 Juta Saudi Riyal (sekitar 73 Miliar Rupiah) serta pengadaan 35 kereta dengan kepasitas 13 gerbong yang terdiri dari satu gerbong kelas pertama dan dua belas lainnya yang dilengkapi dengan fasilitas restoran," kata Al-Seraisry. Selain itu, kereta akan mempunyai kecepatan 444 kilometer ini juga dilengkapi dengan perlengkapan kesehatan untuk menunjang operasinya.

Dengan menggunakan kereta cepat, waktu tempuh antara kota Mekkah dan Jeddah menjadi 30 menit. Saat ini jarak kedua kota tersebut ditempuh selama 2 jam dengan menggunakan buis, waktu tempuh ini akan lebih lama di saat puncak musim haji.

Rencananya beberapa stasiun pemberentihan kereta ini akan dibangun di kota Mekah, Madinah, Jeddah, Rabigh dan Bandar Udara Internasional King Abdulaziz. (Arabnews/HAM/ARI)

Sumber

0 komentar :