Selamat Datang di blog AGORA
go to my homepage
Menuju Halaman AGORA

Kamis, 06 Oktober 2011

Kapal Kontainer Kandas, Laut Dipenuhi Minyak


WELLINGTON - Sebuah kapal kontainer berukuran besar kandas tersangkut gugusan karang Selandia Baru. Kandasnya kapal tersebut menyebabkan bocornya bahan bakar yang dibawanya.

Kapal bernama Rena yang memiliki panjang 236 meter tersebut, tersangkut di karang Astrolabe, sekira 12 mil laut dari Pelabuhan Tauranga, Selandia Baru. Kapal yang kandas sejak Rabu 5 Oktober tersebut, hingga saat ini masih terjebak. Demikian diberitakan AFP, Kamis (6/10/2011).

Pihak Otoritas Maritim Selandia Baru (MNZ) mengatakan, kebocoran minyak dari kapal tersebut diperkirakan berasal dari pipa yang rusak. Tetapi, pihak MNZ masih mengalami kesulitan untuk mengevakuasi kapal karena kerusakan yang diderita cukup parah.

Sebanyak 25 awak kapal dikabarkan selamat dari kejadian ini. Sementara pihak berwenang setempat berupaya keras untuk menghentikan minyak dari kapal itu terus bocor.

Kebocoran dari bahan bakar kapal seberat 47 ribu ton tersebut, dikabarkan menyebabkan burung terjebak minyak dari kapal nahas itu. Empat burung ditemukan mati akibat terkena minyak limpahan kapal tersebut.

MNZ mengatakan, jumlah minyak yang bocor dari kapal itu terus bertambah dalam waktu beberapa jam saja. Hingga saat ini, MNZ masih terus memonitor kondisi disekitar lokasi kecelakaan untuk mencari tahu seberapa luas jangkauan minyak yang bocor dari kapal berbendera Liberia tersebut.
(faj)

Sumber

0 komentar :