Selamat Datang di blog AGORA
go to my homepage
Menuju Halaman AGORA

Senin, 31 Oktober 2011

Waspadai Empat Siklus Menstruasi Abnormal


Jakarta: Seperti apakah jenis siklus menstruasi bnormal pada wanita? Tiap wanita memiliki siklus yang berbeda, begitupula dengan volume darah yang dikeluarkan. Ada empat jenis siklus menstruasi abnormal yang patut diperhatikan.

Siklus menstruasi rata-rata wanita normal adalah 21-35 hari. Namun, rata-rata wanita mengalami siklus dalam 28 hari. Jika kurang dari 21 atau lebih dari 35 hari, maka darah yang keluar mungkin bukan darah menstruasi. Jadi berkonsultasi dengan dokter.

Jumlah darah yang keluar dari seorang wanita dengan wanita lain juga berbeda. Rata-rata darah yang dikeluarkan adalah 3-5 sendok makan atau sekitar 30-80 ml darah per siklus menstruasi, dan ini masih dibilang normal. Menstruasi umumnya terjadi dalam 3-8 hari. Di luar itu, ada empat jenis siklus menstruasi abnormal:

1. Polymoenorrhea, menstruasi lebih sering terjadi. Wanita yang mengalami menstruasi polymenorrhea mungkin menunggu kedatangan tamu bulanan itu setiap 2-3 minggu.
2. Oligomenore, aliran menstruasi sangat sedikit dan jarang. Pada sebagian besar wanita yang memiliki kondisi ini, periode mereka hanya dapat terjadi dua kali setahun.
3. Menorrhagia, yaitu pendarahan berlebihan saat menstruasi. Kebanyakan kasus ini membutuhkan konsultasi dokter dan pengobatan lebih lanjut.
4. Metrorrhagia, atau menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi dapat terjadi sekali setiap 3-6 minggu.

Berbagai jenis siklus menstruasi sangat dipengaruhi faktor keturunan atau hormonal, pola makan, kebiasaan buruk (minum dan merokok), stres, kurang olahraga, dan kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika Anda mengalami salah satu dari empat jenis siklus menstruasi di bawah ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter.(Endhealth/MEL)

Sumber

0 komentar :