Selamat Datang di blog AGORA
go to my homepage
Menuju Halaman AGORA

Jumat, 28 Oktober 2011

Insomnia Rentan Serangan Jantung


Orang yang menderita insomnia memiliki risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung klaim peneliti dari Norwegia.

Mereka menemukan orang-orang yang sulit untuk tertidur mengalami kenaikan risiko terserang penyakit jantung sebanyak 45 persen.

Penelitian yang dilaporkan dalam Circulation Journal of American Heart Association ini melibatkan 52.610 masyarakat Norwegia yang menjawab pertanyaan tentang insomnia sebagai bagian dari survei kesehatan nasional pada tahun 1995-1997.

Peneliti menemukan mereka yang mempunyai insomnia memiliki risiko 45 persen lebih besar untuk terserang penyakit jantung, dan risiko ini semakin buruk bila gejala insomnia juga memburuk.

"Masalah tidur sebenarnya adalah masalah umum dan cukup mudah untuk diobati, sekarang bila sudah ada fakta yang menghubungkannya dengan penyakit jantung sebaiknya orang tidak boleh menyepelekan lagi, dan mulai ambil tindakan" jelas pemimpin peneliti Dr Lars Erik Laugsand dari University Norwegia Sains dan Teknologi di Trondheim.

Penelitian lebih kecil sebelumnya telah mengaitkan insomnia dengan penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan serangan jantung dan tiap tahun di Inggris diperkirakan 111.000 orang mengalami serangan jantung.(fen)

Sumber

0 komentar :